Senin, 17 Mei 2010

Cairan Tubuh

Cairan tubuh merupakan cairan yang terdapat di dalam tubuh manusia atau hewan yang memiliki fungsi fisiologis tertentu. Air adalah bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia. Hampir semua reaksi di dalam tubuh memerlukan cairan. Bila konsumsi air sangat sedikit, maka reaksi yang terjadi dalam tubuh akan terganggu. Agar metabolisme tubuh dapat berlangsung dengan normal, tubuh harus mendapatkan masukan cairan setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang.

Beragamnya aktifitas di luar ruangan menyebabkan asupan cairan yang diperlukan tubuh lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang tidak banyak beraktifitas. Tubuh kita harus mendapatkan masukan cairan setiap hari agar metabolisme dan semua organ berfungsi optimal.

Manfaat cairan bagi tubuh :

Memelihara Kulit
Air di dalam tubuh diperlukan untuk menjaga kelembaban, kelembutan dan elastisitas kulit akibat pengaruh udara panas dari luar tubuh.

Memulihkan Penyakit
Asupan air yang cukup ketika sedang sakit berguna untuk meredakan demam dan mengganti cairan tubuh yang terbuang sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

Pencernaan
Cairan sebagai pengangkat nutrisi dan oksigen melalui darah segera mengirimkan ke sel-sel tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan dalam usus besar sehingga mencegah sembelit.

Mengatur Suhu Tubuh
Kekurangan air akan menyebabkan suhu tubuh akan naik yang tentunya akan mengganggu keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Membuang Racun dan Sisa Makanan
Air membantu membuang racun di dalam tubuh melalui keringat, air seni dan pernapasan.

Bagi anda yang banyak beraktifitas di luar ruangan, asupan cairan yang diperlukan tubuh lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang tidak banyak gerak. Orang yang aktif dan berada di luar ruangan dalam waktu lama terlebih dalam kondisi cuaca terik tentunya dibutuhkan ekstra air guna mengompensasi kehilangan cairan. Tambahan cairan yang dibutuhkan tergantung pada banyaknya keringat selama aktivitas berlangsung. Siapa yang perlu tambahan cairan?
* Pekerja yang sering berada di bawah terik matahari
* Mereka yang hidupnya aktif
* Mereka yang kekurangan banyak cairan karena diare, puasa
* Atlet yang harus banyak berlatih
* Penggemar olah tubuh (senam, yoga, joging, bela diri dan lain-lain)
* Mereka yang sedang menjalani diet ketat sehingga kekurangan zat gizi penting

Sumber http://www.yukhidupsehat.net/cairan-tubuh/#more-133


Tidak ada komentar:

Posting Komentar